Saking kerennya tempat ini, sebenernya enggak pengen ditulis di sini sih, biar enggak hip. 😆😆 Cuma.. yang menentukan apakah satu tempat akan menjadi hip atau tidak kan bukan saya yah? Melainkan algoritma om gugel yekan? 😁😁 (bercanda woy) 😁😁😅😅 Tapi gara-gara kemarin di twitter ada yang nanya rekomendasi kafe di Jogja dengan kriteria: yang suasananya […]

Dua malam yang lalu, niat saya cuma pengen baca buku buat pengantar tidur karna saya emang udah ngantuk banget. Cara ini seringkali jitu membikin saya makin cepat menutup mata. Maka sambil duduk bersandar di kepala tempat tidur, saya pun membuka lembar demi lembar buku Resign yang ditulis Almira Bastari dan mulai berkelana di dunia Alranita, […]

Kalian pernah gak sih, abis curhat bukannya jadi lega tapi malah makin bete gara-gara orang yang kalian curhatin bukannya ngedukung atau setidaknya ngasih ucapan yang menguatkan atau menghibur, tapi malah bikin mood kalian semakin down dan kalian makin malas menghadapi hari? Biasanya kalo lagi curhat itu seseorang mengutarakan ketakutan, kekuatiran, kekesalan, maupun kebetean mereka. Nah, […]

Udah ribuan kali saya menggarami ikan dari mulai kecil disuruh-suruh mamak di dapurnya hingga sekarang di dapur sendiri. Setelah digarami, terbukti bahwa ikan memang tahan dibiarkan di kulkas bagian bawah (bukan di bagian freezer) selama beberapa hari sebelum diolah, tanpa membusuk. (meski begitu, paling baik memang sehabis diasamgaram langsung diolah secepatnya). Menurut buku Becoming Like […]

1 januari 2018, pagi pertama di tahun baru, saya dan suami ngobrol di satu kedai di lantai paling bawah penginapan tempat kami berkumpul dengan keluarga besar untuk merayakan pergantian tahun. Beberapa jam sebelumnya, tepat setelah beberapa menit menyaksikan kembang api pertanda jam 00.00 dari jendela lebar di tempat kami berkumpul, saya langsung menelepon orangtua, bermaksud […]

Karena satu dan lain hal, rencana semula mampir ke Mirota, yang ternyata udah sekitar dua tahun berganti nama menjadi Hamzah Batik, terpaksa berganti. Hari mendung, agak gerimis. Saya berjalan kaki menyusuri jalanan Malioboro yang terkenal itu. Melewati pasar Beringharjo, kuda, becak, penjual batik dan oleh-oleh tumpah ruah. Di dekat hotel Mutiara langkah terhenti gara-gara harumnya […]

Kemaren Maroko, sekarang Congo. Kamu serius enggak habis ngadem di Afrika, mes? 😁😁 Iya seriuslah maz, bro, mbak, sis… 😁😁 Mungkin kebetulan aja kemaren itu beruntung bisa mampir di tempat-tempat cakep yang dibangun atas kecintaan sang pemilik pada wilayah-wilayah di Afrika sana…. Kecintaan sang pemiliknya akan kayu tak perlu diragukan lagi. Rasanya seperti masuk ke […]