Lagu yang Enak Didengar

Selasa malam, saya tiba di rumah sekitar jam setengah sebelas. Kami ada ibadah sektor di rumah salah satu keluarga. Berhubung seluruh anggota keluarga Tuan Rumah sedang lengkap kumpul semua, mereka membawakan satu lagu pujian yang saya tak tau judulnya. πŸ™‚

Sesampai di rumah, saya putar ulang lagu yang dinyanyikan oleh keluarga Tuan Rumah tadi di kepala saya. Lagunya dalam bahasa Batak. Liriknya yang paling saya ingat adalah…Β β€œsahat tu surgo au binaenni mudarmi…” Kalo diterjemahkan ke bahasa Indonesia, kira-kira artinya adalah… β€œoleh darahMu aku selamat…” πŸ™‚

Karena enak didengar, esok harinya saya cari lagu ini di youtube. πŸ™‚ Ternyata ada. Judulnya: Ho Do Rajakku.

Kira-kira seperti di bawah ini liriknya beserta terjemahan bebasnya dalam bahasa Indonesia. πŸ™‚

O Tuhan, molo tung na lilu pe au (Oh Tuhan, jika kiranya aku tersesat)

tongtong ma au taiti tu dalanmi (tariklah aku selalu ke jalanMu)

tongtong ma au ramoti (peliharalah aku selalu)

di nasa langkakki (dalam seluruh langkahku)

 

O Tuhan, molo tung mabiar pe au (Oh Tuhan, jika kiranya aku takut)

sai tiop ma tanganku (peganglah tanganku)

sai togu togu au (tuntunlah aku)

sondangi ma rohakku (terangilah hatiku)

urasi tondikki (sucikan jiwaku)

 

Ho do hatiuron i (Engkaulah Terang)

Ho do mual i (Engkaulah Sumber Kehidupan)

Ho do dalan na tutu (Engkaulah Jalan Yang Benar)

Ho do sasude (Engkaulah Segalanya)

 

Ho do Rajakku sipalua au (Engkaulah Rajaku Sang Penyelamat)

sahat tu surgo au binaenni mudarmi (ku selamat oleh darahMu)

Ho do Rajakku na manobus au (Engkaulah Rajaku Penebusku)

dang be mabiar au tu hamatean i (tak lagi ku takut kepada maut)

 

Bagus banget liriknya ya? πŸ™‚ Dinyanyiin bolak-balik tetep enak. πŸ™‚ Coba dengar deh. πŸ™‚

Kamu ada lagu yang lagi difavoritin?Β Selain lagu Ho Do Rajakku, ada beberapa lagu lain yang sekarang suka saya dengar dan kadang saya ikut nyanyi. πŸ˜€

 

Sewaktu saya pulang kampung untuk melihat nenek saya (yang akhirnya meninggal dunia awal tahun 2018 lalu), saya ingat, waktu itu pagi-pagi sekitar jam lima, bapak saya sebangun tidur langsung memutar lagu-lagu pujian kepada Tuhan. Karena saya masih pengen tidur dan karena terganggu dengan volumenya yang saat itu menurut saya lumayan tinggi, saya langsung protes ke bapak dan minta beliau mengecilkan volumenya.

β€œTolong kecilin volumenya, Pa. Ini masih pagi banget. Masih ada orang yang mau tidur…” Begitulah kira-kira saya bilang ke bapak. πŸ™‚ Waktu itu saya sangat-sangat jarang memutar lagu-lagu pujian kepada Tuhan. Paling banter dengar lagu pujian ya cuma sewaktu ibadah Minggu saja. πŸ™‚

Eh tau-tau, sekarang, pagi-pagi bangun tidur saya langsung mutar lagu-lagu pujian buat Tuhan Yesus πŸ˜€ Kadang volumenya pun tinggi juga saya bikin. πŸ˜€ πŸ˜€ Padahal masih ada orang tidur! Hahahahhaa… πŸ˜€ πŸ˜€

Saya percaya, dengan mendengarkan lagu-lagu tersebut, sejak pagi hari hati kita langsung fokus sama Tuhan. πŸ™‚ Karena apa yang sering kita dengar, kita lihat, maupun kita baca, cepat atau lambat akan memengaruhi kita, dan kita akan semakin mirip dengannya. Pilihlah dengan bijak, pilih Yesus. πŸ™‚

 

 

 

 

 

Advertisements

3 comments

  1. Aku tauuu lagu iniii, Mes, dulu pas kecil sering dipasang Mamak, dan ini salah satu lagu bahasa Batak yg rohani menurut saya dan ‘non gereja’ (bukan dari buku Ende) . Ini sama lagu yang Di Son Adong Hubohan Tuhan Parbue Ni Ngolungku …. (itu kata-kata di baris awal, kutak tahu judulnya hahah).
    Yang saat ini kami suka lagu itu Reckless Love of God sama So Will I 100 Billion Times. Di Joox itu terus yang kami puter dan jadi sontrek libur Lebaran sampe anak-anak hapal….. selain lagu Prince Ali -nya Aladdin hahaha

    Like

    1. Hai kak Sondang πŸ˜„ ternyata lagu Ho Do Rajakku ini udah lama kak πŸ˜„ ciptaan Dakka Hutagalung 😁😁😁 aku pun suka lagu Dison Adong Huboan Tuhan (kalo ini tau betul aku dari buku ende 😁😁)

      Langsung meluncur ke yutub nyari lagu kakak 😁😁

      Btw lagu Prince Ali apaan?

      Like

    2. Barusan cek yutub lagu Prince Ali. Ternyata lagu Aladdin ya 😁 daku enggak tau kak, soale gak nonton kak. Udah hampir setahun setop nonton film 😁

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: