Ibadah

Biasanya berapa kali kalian ikut ibadah dalam sebulan? Adakah perubahan signifikan yang kalian rasakan dalam hidup setelah aktif beribadah? Sejak awal tahun ini, ada sekitar empat kali saya mengikuti ibadah. Ibadah tiap hari Minggu dan ibadah Buka Tahun.

Beberapa tahun lalu saya pernah mendengar khotbah tentang ibadah. Pembawa khotbah waktu itu mengatakan bahwa ibadah ada beberapa macam, yaitu:

  • verbal: hanya kata
  • ornamental: hanya hiasan
  • ritual: hanya sebatas ibadah
  • operasional: berdampak bagi orang lain dan mengabdi di tengah masyarakat.

Ibadah mestilah disertai rasa cukup dari seseorang. Karena jika tidak, maka yang kita lakukan adalah menjadi tukang kritik mencari-cari kekurangan dan kesalahan. Misalnya: dekorasi tempat ibadah yang tak sesuai selera kita, cara pembawa firman membawakan khotbah juga tak sesuai selera kita, pakaian maupun sikap penerima tamu kurang cocok dan kurang ramah, dlst.

I’ve done that for years in my life, yakni pada masa-masa suram ketika saya hidup sesuka saya, yang pada ujungnya hanya membuat jiwa sakit; sia-sia tiada berguna. Sebagian postingan kritis pada masa-masa menjadi tukang kritik itu masih ada di blog ini. Dan sekarang, jika saya membaca jurnal-jurnal ‘tajam’ maupun kritis yang pernah saya tulis pada masa-masa suram itu, rasanya seperti orang lainlah yang menulis; bukan diri saya yang sekarang. Tidak ada kasih dalam postingan yang saya tulis pada masa-masa ‘gelap’ itu. Karena jika ada kasih, maka ia akan menutupi segala kekurangan. 🙂

Menurut saya, ibadah itu sebenarnya agar kita bertemu dengan saudara-saudara kita seiman dan bersosialisasi. Karena ibadah bukan cuma di tempat ibadah saja, tetapi keseluruhan hidup kita adalah ibadah.

Kalo kita ikut ibadah hanya untuk mendengar khotbah, kita bisa mendapatkannya di internet, enggak perlu bersosialisasi ketemu orang-orang. Di internet ada begitu banyak khotbah menarik untuk didengar dan ditonton. Tapi rasanya tentu beda jika kita berkumpul bersama kawan-kawan dan saudara-saudara kita. 🙂

Ibadah mestilah melepaskan segala sesuatu di hadapan Tuhan, dan kita mesti datang dalam kerendahhatian.

Jadi kembali lagi ke pertanyaan di awal tadi: Biasanya berapa kali kalian ikut ibadah dalam sebulan? Adakah perubahan signifikan yang kalian rasakan dalam hidup setelah aktif beribadah?

Jika ibadah kita, hidup kita, maupun harta benda yang kita miliki tak membawa perubahan positif ke diri sendiri dan sesama, coba periksa hati kita dan motivasi kita. Barangkali kita tak lagi datang dalam kerendahan hati, dan ada sesuatu yang sangat keliru dalam cara hidup kita.

Nah, kalo saya pergi ibadah atau kebaktian, saya harus mendapatkan sesuatu untuk dibawa pulang dan diterapkan dalam hidup sehari-hari. Karenanya, saya selalu berusaha memperpanjang ingatan dengan cara mencatat pesan-pesan yang saya dengar dari percakapan-percakapan, maupun pesan-pesan yang disampaikan para pembawa firman dalam buku notes atau dalam notes di henpon. 🙂

Di bawah ini beberapa pesan yang saya dapatkan dari beberapa ibadah yang saya ikuti di awal tahun 2019 ini:

  1. Hadirkan Tuhan dalam setiap rencana kita.
  2. Dengan kebersamaan dan komunikasi yang enak, kita akan berhasil dimanapun berada.
  3. Kunci keberhasilan adalah: kita, kawan, dan Tuhan.
  4. Hidup adalah pertandingan yang harus diselesaikan sampai garis finish.
  5. Berdamai dengan Tuhan, dengan diri sendiri, dan dengan orang lain.
  6. Memaafkan masa lalu yang suram. Karena kita hidup di masa kini untuk masa depan.
  7. Hidup mestilah ada aturan. Seperti petinju yang tidak sembarang meninju.
  8. Ikutilah aturan. Karena jika dilanggar atau jika kita berada diluar aturan, kita pasti sakit. Tetaplah berada dalam koridor Tuhan.
  9. Buang kebencian, kekecewaan, dlst.
  10. Latihan terus menerus.
  11. Tetap mengasihi.
  12. Stop berkeluh kesah dan pikirkanlah kebutuhan orang lain, bukan cuma diri sendiri.
  13. Berterima kasih kepada Tuhan dalam segala hal.
  14. Sukses tanpa Tuhan tak ada artinya.

 

Selamat beribadah! 🙂

 

 

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Ibadah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s