bukan resensi

Becoming Like Jesus

Udah ribuan kali saya menggarami ikan dari mulai kecil disuruh-suruh mamak di dapurnya hingga sekarang di dapur sendiri. Setelah digarami, terbukti bahwa ikan memang tahan dibiarkan di kulkas bagian bawah (bukan di bagian freezer) selama beberapa hari sebelum diolah, tanpa membusuk. (meski begitu, paling baik memang sehabis diasamgaram langsung diolah secepatnya).

Menurut buku Becoming Like Jesus (Menjadi Serupa Yesus), yakni buku yang membahas tentang sembilan buah roh, orang kristen juga mesti hidup seperti garam yang bertujuan mencegah pembusukan dan kerusakan. Sang penulis, Christopher J. H. Wright, menempatkan pembahasan tentang ‘garam’ ini pada bab buah roh yang keenam, yaitu kebaikan.

I must confess that menjadi kristen itu bukan jalan hidup yang gampang. Karena sebagai kristen, sesungguhnya hidup adalah penyangkalan diri, mematikan ‘keakuan’ maupun kepentingan diri sendiri, mematikan hawa nafsu, dlst. Intinya, hidup ini bukan lagi tentang diri kita pribadi, melainkan tentang kristus. Berat, kan?

Lantas seperti apa kristus sesungguhnya? Ketika kita memberi makan orang lapar, memberi minum kepada mereka yang haus, memberi tumpangan kepada orang asing, memberi pakaian kepada mereka yang membutuhkan pakaian, merawat orang sakit, serta mengunjungi orang-orang dipenjara, maka itulah hidup untuk kristus.

Pada hakikatnya menjadi orang kristen memang harus seperti kristus. But maybe that’s impossi(n)ble karena kita makhluk berdosa. Tak ada satu pun manusia yang benar di muka bumi ini. Semua berdosa, dan dosa menghalangi kita mengenal Tuhan yang sejati, serta menghalangi kita menjalani hidup yang berkenan di mata Tuhan.

Tapi biar bagaimanapun, meski berdosa, orang kristen mesti berusaha hidup seperti kristus yang hidup untuk sesama manusia melampaui segala rintangan dan perbedaan. Buku Becoming Like Jesus mengajak kita hidup serupa kristus dengan menumbuhkan kesembilan buah roh: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, serta penguasaan diri.

 

 

 

Advertisements

One thought on “Becoming Like Jesus

  1. Pingback: Apa yang Akan Yesus Lakukan? | hot chocolate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s