Teka-teki Sulit

Belakangan ini saya lagi demen sama Teka-Teki Sulit (TTS) dalam acara Waktu Indonesia Bercanda yang dipandu oleh Cak Lontong di NET TV. Pertanyaan-pertanyaannya gampang tapi jawabannya seringkali tak terduga dan sangat out of the box hingga sering membuat peserta esmosi bin frustrasi. Pokoknya sulitlah. XD XD

Contohnya seperti:

  • Melindungi anda dari panas matahari……..  Ada delapan kotak yang harus diisi dan huruf keduanya adalah ‘A’. Jawaban umum atau yang biasa adalah kacafilm atau kacamata. Namun kalau di TTS jawabannya adalah… PASANGAC. XD XD iyes, pasang ac! XD XD XD
  • Yang bisa dibaca……..  Ada lima kotak yang harus diisi dan huruf ketiga adalah ‘R’. Para peserta ada yang menjawab kartu dan koran. Nah, ternyata jawabnya adalah……. KERAN. XD XD XD Coba gimana ceritanya tuh keran bisa dibaca? XD XD Peserta pun protes. Tapi bukan Cak Lontong namanya kalau dia enggak punya jawaban yang ‘masuk akal’. XD “Gini ya… Itu jawaban KERAN bisa dibaca, nggak?” tanya Cak Lontong kepada para peserta. “Bisa, pak.” “ Ya udah kalo gitu bener kan?” tutup Cak Lontong dengan senyum khasnya. Peserta pun garuk-garuk kepala. XD XD Kalo kamu masih belum puas dengan penjelasannya, silakan protes ke Cak Lontong. XD
  • Ibu belanja di……..  Lima kotak dan huruf terakhir adalah ‘R’. Umumnya kalo belanja pasti di pasar dong kan? Enggak mungkin belanja di kamar atau di dapur. XD XD Atau kadang-kadang kalo belanja bisa ditawar, kan? Dan ternyata jawabannya adalah…. Ibu belanja di…… ANTAR. XD XD XD Astagaaa!! XD XD XD

 

Nah, di salah satu episode, dengan sembilan kotak yang harus diisi dan huruf ketiga adalah ‘A’, peserta diberi pertanyaan: orang yang sering membantu para penumpang di pesawat terbang adalah……   So pasti jawabannya PRAMUGARI dong kan? XD Apa lagi kalau bukan pramugari, coba? Tapi sodara-sodara, ternyata jawabannya adalah……

Sebelum saya beritahu jawabannya, saya mau ngasitau kalo kemarin saya mendengar percakapan tentang begitu banyaknya berita hoax beredar sekarang ini, dan tak jarang meresahkan masyarakat.

A: ada-ada aja berita sekarang ya… yang pramugari diculiklah…. yang si anu beginilah… yang si ani begitulah… pusing euy…. 

B: makanya kamu jadi orang baik aja biar enggak pusing…..

A: jadi orang baik itu terlalu umum…. artinya bisa macem-macem. baik menurut Donald Trump tentu berbeda dengan baik menurut Gus Dur.

B: ya udah kalo gitu jadilah orang baik yang tidak merepotkan siapa pun. yang tidak menyakiti, tidak menyebabkan keresahan, tidak membuat orang lain susah, dan tidak membuat orang lain menderita. apa pun agama mereka, ras, suku, gender, maupun keyakinan, serta apa pun pilihan hidup mereka.

 

Kamu setuju enggak dengan penjelasan orang baik menurut si B di atas? Ternyata orang yang sering membantu para penumpang di pesawat terbang adalah…… ORANGBAIK. Yang setuju, mari bersama-sama nonton TTS, dan yang enggak setuju silakan baca lagi pertanyaannya. XD XD

 

 

 

 

 

 

Advertisements

10 thoughts on “Teka-teki Sulit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s