Kadoku Kadomu

Jika ditanya lebih suka ngasih kado dalam bentuk barang atau duit, saya pribadi cenderung lebih memilih memberikan uang dalam amplop atau ditransfer (kalo enggak bisa ngasih secara langsung), daripada ngasih kado berupa barang. Mengapa? Karena belum tentu kado yang saya berikan adalah benda yang dibutuhkan oleh si penerima.

Hal yang sama berlaku kepada saya pribadi. Jika ditanya lebih suka dikadoin duit atau barang, saya memilih dikadoin duit. Karena belum tentu kado yang kamu berikan akan berguna bagi saya.

Kalau pun ada yang mau ngasih dalam bentuk barang, jika diberi kesempatan memilih, saya akan mengutarakan keinginan saya terlebih dahulu kepada yang akan memberi, agar kadonya tidak mubazir.

Seperti waktu ultah saya tahun lalu, terus terang saya katakan ke adik-adik bahwa saya pengen dihadiahi buku dari penulis favorit saya. πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Maka saya todonglah mereka untuk mengirimi saya buku. Dan mereka mau pula ditodong! πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Bukannya tak sanggup beli buku sendiri, tapi kadang, sensasi ketika dapat kado beda dengan kalo kita beli sendiri. πŸ˜„πŸ˜„

Karena pemberian kado mungkin sejatinya memang bertujuan agar yang dihadiahi terkejut sekaligus senang mendapatkannya, ada yang bilang, efek kejutnya bakal berkurang atau hilang kalo kita udah tahu mau dikasih kado apa. Ah, enggak juga. Bagi saya malah lebih baik kado enggak mubazir daripada efek kejut berkurang. 😁😁😁😁

Maka supaya kado enggak mubazir, menurut saya akan lebih efektif jika memberikan kado berupa uang. Si penerima bisa bebas menggunakannya. Apakah mau dibelikan barang yang ia perlukan, atau ditabung, atau diberikan ke pihak lain yang lebih membutuhkan. Terserah dia.

Kalau pun kamu hendak memberi kado dalam bentuk barang, jika ada kesempatan dan jika memungkinkan, coba tanyakan dulu atau cari tahu apa kira-kira yang diinginkan atau dibutuhkan oleh si penerima.

(barangkali ada yang pengen dihadiahi pesawat? XD )

Namun di luar sana ada begitu banyak manusia yang senang memberi kado berupa barang atau benda sebagai simbol bentuk perhatian mereka, dan tak mau repot-repot bertanya benda apa yang paling dibutuhkan si penerima. Sehingga tak jarang, si penerima kado justru tak suka atau enggan dengan kado yang diterima.

Well, kalau sudah begini ceritanya dan kadonya tiba-tiba sudah nongol di depan pintu, lebih baik ucapkan terima kasih. Bagaimana pun, kado tersebut adalah bentuk perhatian mereka kepadamu. Hargailah.

Jika kadonya adalah benda yang tak kamu butuhkan, daripada menuh-menuhin rumah atau ruangan, mungkin bisa diberikan kepada orang lain yang lebih membutuhkan atau dijual. (Kecuali si pemberi bilang kadonya enggak boleh dijual πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†).

Dan terkadang kita berada dalam situasi di mana memberi kado berupa barang merupakan satu-satunya pilihan. Well, kalau sudah begini, biasanya saya memberi kado berupa benda yang ‘aman’ dan netral dan (semoga) tak membuat si penerima menjadi ribet dengan kado saya.

Kain untuk perempuan, buku untuk laki-laki. Atau karena stok foto saya banyak banget, kadang saya cetak salah satunya lalu dibingkai dan saya jadikan kado. Bahan makanan mentah seperti sayur, ikan, beras serta berbagai bahan makanan yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum disantap, tidak termasuk dalam daftar kado aman saya ini.

Oiya, sedikit tips sebelum memberi kado, seringkali sebelum saya memberi kado kepada seseorang, terlebih dahulu saya tanyakan kepada diri sendiri apakah saya akan senang jika dihadiahi kado yang sama dengan yang akan saya berikan kepada si penerima. Jika saya senang, maka saya akan memberi kado tersebut.

Ngomong-ngomong, kamu pengen kado apa tahun ini? πŸ˜„

 

 

Advertisements

6 thoughts on “Kadoku Kadomu

  1. Sama, akupun lebih suka dikado uang. Kalaupun dikado barang, inginnya ditanya dulu barang yang dipengen apa. Hal tersebut juga berlaku (biasanya) kuterapkan sebaliknya. Pengen dapet kado kindle nih πŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s