Nyaman, Bersih, Wifi Lancar Jaya

Kalo traveling ke luar kota selama beberapa hari, tentu salah satu hal penting yang harus dipikirkan adalah penginapan dong ya?

Pertimbangan saya memilih penginapan biasanya:

  • letaknya dekat transportasi publik,
  • dekat tempat makan minum,
  • dekat lokasi acara yang dituju, dan
  • dekat di hati (baca: tarifnya cocok dengan anggaran kita) 😁

Kalo soal anggaran ini, terserah sih mau nginap di mana. Sah-sah aja kalo kamu nabung sekian lama supaya bisa merasakan nginep di hotel berbintang macam Burj Al Arab di Dubai sana, yang tarif per malamnya (untuk kamar standar) dua puluhan juta rupiah, misalnya.

Dan sah-sah aja kalo kamu pengen nginap di bawah langit berbintang lima, tujuh atau seribu. 😁

Jika di antara kamu wahai pembaca budiman ada yang berkecimpung di bidang perhotelan, entah itu bintang satu hingga bintang tujuh atau tanpa bintang, tolong aksesnya diperhatikan kalau kamu pengen hotel kamu panjang umur.

Sekarang kan lagi menjamur tuh penginapan-penginapan budget yang berada di pusat perbelanjaan. Maksudnya supaya tamu nggak perlu ke mana-mana lagi kalo butuh apa-apa. Kalo mau makan, misalnya, tinggal pakai lift ke foodcourt. Mau belanja pernak-pernik, tinggal pakai lift ke mall. Lift-nya kan jadi esensial ya?

Nah, supaya tahu apakah lift berfungsi dengan baik atau tidak, tolong lakukan pengecekan berkala dong. Kalau rusak, bikin pengumuman supaya penghuni penginapan tahu. Bukannya lempar tanggung jawab dengan pengelola gedung. Penginapan kamu juga punya kepentingan toh? Tamu-tamu kamu adalah tanggung jawab kamu, kan? Jangan misalnya gara-gara penginapan budget, nyawa tamu kamu pun dibudget juga.

Kemarin jantung teman saya nyaris copot gara-gara lift penginapan yang telah naik beberapa lantai, berhenti mendadak di lantai lima, lalu tiba-tiba meluncur turun tak ada hujan tak ada angin. Persis kek di film-film Hollywood itu. Tapi untunglah liftnya berhenti sebelum mencapai lantai dasar, sehingga ia beserta seluruh penumpang lift selamat.

Kamu nggak mau kan gara-gara lift, tamu potensial mengutarakan kekesalannya di harian nasional, kemudian penginapan kamu langsung sepi pengunjung dan akhirnya tutup?

Masih seputar penginapan, saya suka ketawa kalo baca review-review dari tamu. Kadang ada yang ngasih rating 3 dari 10 untuk penginapan dengan tarif per malam di bawah lima ratus ribu rupiah, di kota megapolitan macam Jakarta, misalnya.

“Di kamar mandi ada kecoa mati… Kasur keras… Kolong tempat tidur berdebu… Kamar seperti tidak pernah dibersihkan… Sarapan kurang variasi… dlst. “

What do you expect when you only have to pay that cheap, in a city that big?

Memang betul tujuan dari penginapan-penginapan itu seharusnya memberi kenyamanan bagi para tamu. Tapi ya tolong, jangan samakan fasilitas kenyamanan di penginapan bintang lima dengan penginapan tanpa bintang dong.

So what i’m trying to tell you is that, before giving ratings for those hotels, think first, tujuan dari acara menginapmu itu sebetulnya apa? Dan apa sebenarnya definisi nyaman buat kamu?

Kalau misalnya tujuan acara menginapmu adalah untuk berbulan madu sehingga butuh penginapan nyaman, bersih, sarapan enak, wifi lancar jaya, mungkin ada baiknya kamu memilih tidur di penginapan bintang 4-7.

Tapi kalau yang kamu butuhkan adalah kamar “untuk tidur doang ” dan kenyamanan adalah nomor sekian, maka pilihlah hotel atau penginapan tak berbintang.

Dan kalau yang kamu butuhkan adalah tiket kereta, mulai sekarang belilah tiket kereta api di tokopedia. Belinya cepat, aman, dan nggak pake ribet. 😉

 

 

 

Advertisements

12 thoughts on “Nyaman, Bersih, Wifi Lancar Jaya

  1. aku masih suka serem kalau pilih-pilih penginapan sendiri tanpa rekomendasi temen (misal liat di internet, bikin itinerrary sendiri), masih suka parno penginapan isinya orang jahat ^^”

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s