Sikap

Saya nggak ngerti apa isi kepala orang-orang yang bisa ketawa ketiwi menyebar meme soal bom, sementara sodara-sodaranya di Jakarta sana sedang dalam kondisi darurat akibat bom dan penembakan siang tadi.

(Ya emang nggak mungkinlah elu bisa paham isi kepala orang lain, Mes. Wong elu bukan Tuhan)

Ada yang bikin meme si James Bond, yang diperankan Daniel Craig, sedang berlari dengan judul “Sarinah I’m Coming”. Seriously?

(Ya mungkin isi kepalanya emang cuma berisi lelucon doang, dan elu terlalu serius, Mes)

Come on. Ada bom meledak dan elu anggap itu nggak serius? Ada apa dengan kalian kawan?

Kalau itu terjadi pada keluarga kalian, atau kalian kebetulan berada di TKP, masih bisakah kalian tertawa? Atau barangkali kalian yang tertawa itulah pelaku sebenarnya.

Tolonglah lihat sikon kalau mau becanda. Negeri sedang diliputi ketakutan malah becanda.

Entahlah, mungkin kelak situasinya bakal kayak di negeri perang sana, di mana peristiwa bom meledak tak lagi menggegerkan jiwa.

“Apa? Bom meledak?

Di mana? Ooo.. Sudah biasa…

Mari makan… Sup kepitingnya enak lho…”

Demikian murahnya nyawa.

Mungkin bagi sebagian kalian, peristiwa siang tadi hanyalah pengalihan isu, makanya tak penting, makanya kalian tertawa. Tapi buat saya, simpel saja: siang tadi ada bom, saya punya keluarga di sana, dan saya cemas akan keselamatan mereka. Nurani saya terusik.

Maap kalau ada yang tersinggung, tapi lebih baik saya jujur. Ada hal-hal yang bisa dibecandain, ada yang tidak. Ini soal nyawa manusia. Nyawa bukan untuk dibecandain atau dipermainkan. Kalau menurut kalian saya lebay, silahkan saja. Yang jelas, saya berhak mengambil sikap.

 

 

 

Advertisements

34 thoughts on “Sikap

  1. Aku setuju Mes, yg beginian gak bisa dibikin becandaan. Kasian juga kan ya yg jd korban dan stress dan sebenarnya negara emang dalam
    Keadaan bahaya. Jalan protokol diserang begitu aja

    Like

    1. aku semalaman nggak bisa tidur mbak… mungkin karena kejadiannya tak langsung menimpa mereka makanya mereka gampang mencari sisi lucunya. padahal kan nggak pernah ada yang lucu mengenai teror… ah entahlah mbak…

      Like

    1. banyak mbak. nggak pake nunggu berjam-jam. makanya aku nggak abis pikir… apa kemanusiaan kita udah begitu menipisnya sampe bikin lelucon soal teror…

      Like

  2. Hari ini udah beredar tuh joke joke gak jelas. Disatu sisi amaze, mungkin nyali dan keberanian kita terlalu tebal, tapi disisi lain miris mungkin nyawa kita begitu murah dan kita terbiasa banget sama kekerasan. Saking pengen gak takutnya semua dibuat bercandaan.
    Semoga keluarga mba Messa baik2 dan selamat semua ya *hugs*

    Liked by 1 person

  3. Aku termasuk yg guilty krn ikut mengguyonkan kejadian kmrn. Memang sih the jokes are all inside jokes dlm pengertian, cm untuk geng sendiri (dimana sebenarnya kami semua ya tinggal di Jkt– akupun tinggal tak jauh dr kedubes Aussie yg dulu pernah di bom). Tp tulisan ini bagus & sangat menyentil. Not gonna defense myself, coz the jokes are inappropriate indeed.

    Like

      1. aku gak berani sembarangan, may klo joke2 spt ini. yg jelas gak berani duluan mulai. dan bener2 inside joke aja kyk di grupchat keluarga or grupchat temen2 yg buener2 deket.

        Like

  4. aku gak tega ngebecandain hal-hal begini trus juga banyak yang share foto korban, gak sampe hati. sampe aku bilang tegas ke grup angkatan jangan dishare lah foto-foto korbannya. 😥

    Like

    1. ya begitulah kak.. tapi emang reaksi orang tentu beda2 atas suatu aksi ya… nggak mungkin juga kita ngarepin orang sana punya kepekaan tinggi kayak kita..

      Like

  5. Saya juga gak setuju dengan nyawa orang dibuat lucu-lucuan.
    Ada juga lho yang nekad selfi selagi dar der dor di sarinah itu. Kalo yang itu terserah yang bersangkutan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s