Resep Umur Panjang

Bukan cuma opera cake yang punya resep, umur panjang pun ada resepnya. Apa sajakah mereka?

1. Jangan mau stres nggak jelas. Mungkin kalian pernah dibikin bingung. Mengapa teman kalian yang setiap harinya menjalani gaya hidup sehat dan sering berbicara tentang kesehatan di berbagai forum, tiba-tiba meninggal dunia. Apa penyebabnya? Salah satunya stres. Stres berkepanjangan bisa memicu penyakit jantung mematikan.

Bagi kalian yang hingga sekarang masih menganggap remeh stres, bertobatlah. Mungkin dengan melihat video ini, cara pandang kalian terhadap stres akan berubah. Stres karena masalah ABCDZ boleh saja, asalkan jangan berkepanjangan. Berpikir positiflah. Tiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

jangan stres nggak jelas
jangan mau stres nggak jelas.

2. Jamu alias jaga mulut kata suami saya. Oke, foto ilustrasi di bawah ini mungkin agak lebay. Nggak punya stok foto mulut yang cukup cocok soale. 😀 Daripada nggak ada, yowes saya pasang si scary face ajalah. 😀 Yang jelas, jaga mulut artinya jagalah kata-kata yang keluar dari mulut. Karena kalau nggak dijaga, alhasil bukan umur panjang yang akan didulang, melainkan bibir nggak kece seperti bibir si scary face. Kalian pasti nggak mau, kan?

jaga mulut
jaga mulut

3. Makan arsik. Bukannya mau promosi masakan khas Batak ini, tapi arsik amat sehat sekaligus cara memasaknya pun simpel. Tinggal cemplungin ikan, bumbu, andaliman dan kawan-kawan, biarkan matang hingga air berkurang, dan voila, arsik siap disantap! Oya, ompung boru (nenek) teman saya berumur panjang karena tak pernah putus mengonsumsi arsik. Resepnya ada di sini kalau kalian mau mencoba masak arsik.

arsik ikan nila
arsik

4. Aktif bergerak dan cukup istirahat. Neneknya teman saya tahun lalu berulang tahun ke-95. Menurut pengakuan teman saya, neneknya ini memang nggak pernah mau diam. Ada saja yang dikerjakan dari mulai bangun subuh hingga malam sebelum tidur. Bahkan sampai sekarang masih rajin membersihkan rumput di halaman rumahnya!

Kalian ada yang rajin bersihin rumput, nggak? Kalo rumput di halaman kalian nggak ada, coba bersihkan rumput tetangga. Biasanya rumput tetangga memang lebih hijau (dan lebih lebat) dari rumput sendiri, kan? XD XD

Oya, hubungan antara selalu aktif bergerak dan umur panjang ini pernah dibahas juga di National Geographic.

5. Rajin-rajin ngasih hadiah, seperti Santa Klaus.

hadiah dari santa klaus
hadiah dari santa klaus

Coba tebak, udah dari zaman kapan Santa Klaus ngasih hadiah? Dan terbukti sampai sekarang doi masih tetap eksis, kan? 🙂 Barangkali karena beliau rajin ngasih hadiah itulah, makanya yang doain agar berumur panjang pun banyak.

Nah, kalau kalian pengen umur panjang, sering-seringlah ngasih hadiah. Atau paling tidak, ya sering-sering bantu sesamalah. Kalau pun misalnya umur nggak sepanjang Santa Klaus, setidaknya bisa seperti mendiang Nelson Mandela yang panjang umur karena senang membantu orang lain. 🙂

***

Okelah, untuk sekarang itu saja yang bisa saya bagi. Mungkin resep di atas tidak berlaku untuk beberapa kasus. Karena saya pun pernah mengenal beberapa orang yang tak pernah menjalani resep di atas, tetapi memiliki umur yang panjang. Maka harus tetap diingat, kendati telah menjalani semua yang diresepkan di atas, umur itu tetap berada di tangan Tuhan, Pemilik Kehidupan.

 

 

 

Advertisements

21 thoughts on “Resep Umur Panjang

  1. Messa bisaaaa ajaaa. But I agree mess buat semua point2 ya. Arsik emang enak banget yak..duh jadi ngiler arsik buatan mamak (entah kenapa beda ama buata ndiri)

    Jangan stres ga jelas..hahahah gueh banget nih kadang2

    Like

    1. mungkin lebih enak karena kalo mamak yang masak pakai cinta ya Jo? XD
      *lha kalo kita yang masak, pakai cinta juga sih, tapi kadarnya nggak sebanyak cinta mamak kali ya? XD *

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s