Kebetulan

Kalian pernah nggak ketemu seseorang yang, sama sekali nggak dikenal, di tengah pesta, atau pas di kerumunan manusia, mungkin pas jalan di mall atau di pasar, di jalan raya, di kantor, di dalam bis, dlst, memakai pakaian yang sama persis seperti yang kalian kenakan?

Kebetulan

Saya sih belum pernah. Belum pernah satu kali maksudnya. Tapi berkali-kali. Hahahh. Seleranya pasaran banget ya? ๐Ÿ˜›

Well, kira-kira, apa yang akan kalian lakukan kalau berada dalam momen seperti itu?

A. Langsung buka baju (karena nggak rela pakaiannya sama)
B. Ajak selfi (buat kenang-kenangan)
C. Ngacir sejauh-jauhnya (malu karena ketemu orang yang berpakaian sama)
D. Teriak (karena nggak rela ada orang yang berpakaian sama persis sepertimu)
E. …. (isi sendiri) ๐Ÿ˜€

Kalau saya mah, paling banter ya takjub. Dari sekian milyar manusia di dunia ini, dan dari sekian banyaknya motif kain dan model pakaian di luar sana, ternyata ada juga yang seleranya sama kayak saya, dan bisa-bisanya ‘dipertemukan’ oleh semesta.

Ngeblog juga kurang lebih kayak gitu. Mungkin kalian pernah melihat isi postinganmu senada dengan isi postingan si blogger B.

Trus, kalian jadi penasaran. Jangan-jangan si B ini nyontek, atau terinsipirasi dari tulisanmu, tapi dia nggak mau mengumumkan di blognya bahwa dia terinspirasi dari tulisanmu. Karena menurut kalian, kalau itu dilakukannya, blogmu bakalan ramai dikunjungi. Pendek kata, dia takut kalau blogmu jadi terkenal. Begitulah menurut kalian.

Tapi kira-kira nih, menurut kalian, orang yang berpakaian sama denganmu tadi, apa dia nyontek gaya berpakaianmu? Padahal kalian kan nggak saling kenal dan nggak pernah ketemu. Koq bisa?

Sederhana saja sebetulnya. Seperti yang sudah saya singgung di atas: karena seleranya sama. Sama-sama menyenangi topik Kamasutra, misalnya.ย Nah, tentu karena sama-sama menyenangi topik yang sama, yang akan ditulis pun sekitar situ-situ saja, kan? Ngapain pulak nulis tentang Ona Sutra? Meskipun keduanya sama-sama memiliki ‘sutra’…. XD

Sehingga karena memiliki selera atau minat yang sama tadi, suatu saat bisa jadi kedua blogger ini ‘bertemu’ dalam topik tulisan yang sama. Cuma mungkin bedanya, si blogger A membahas kamasutra dari sisi X, sementara si blogger B membahasnya dari sisi XYZ. Pasti ada bedanyalah. Kembar identik sekalipun, tetap ada bedanya.

Makanya saya pernah mengamini salah satu tulisan kak Sondang di blognya bahwa, semua ide tulisan di muka bumi ini nggak ada lagi yang benar-benar asli atau orisinil. Semuanya sudah pernah ditulis. Yang ada hanyalah pengembangan dari tulisan yang sudah pernah ada.

Jadi belum tentu karena si B ini nyontek tulisanmu. Tapi bisa jadi juga begitu. Nyontek/terinspirasi maksud saya. XD Nah, untuk mengetahui kebenarannya, daripada kalian penasaran tujuh turunan, mending tanya saja langsung ke orangnya. Habis perkara. Betul? ๐Ÿ˜€

Oiya, mbak Lorraine juga pernah menulis hal senada macam tulisanku ini. Tapi saya yakin, doi nggak nyontek dari saya. Ya iyalah. Wong doi nulisnya kapan, gue nulisnya kapan. XD Jangan-jangan malah gue yang nyontek. XD

Ah, sutralah, happy blogging aja buat semua! XD Jangan terlalu serius! XD

 

 

 

Advertisements

19 thoughts on “Kebetulan

  1. joeyz14 says:

    Hahahaha bisa aja si Messa…
    Iya aku pernah inget tulisan mba yo yg itu mess. Tapi kalo nyonteknya plek2 dan terus berulang2 emang annoying juga sehh

    Like

  2. evy says:

    sampai saat ini sih belum pernah baca dan mendapati, ” eh koq persis kayak tulisan gue ” dlm hal blogging ya. tapppppiiiii dlm dunia twitter dulu, ada tuh follower yg plek plek copy paste status aku mes’. tiap kali aku update status, dia copy paste. aku pikir cm following doang. tp pas aku cek timelinenya, boooooo … semua status aku di copas. langsung aku block deh. hahaha … kl ngeRT mungkin gak masalah. ini bener2x copas. scary movie banget kan ?! ๐Ÿ™‚

    eh soal pakai baju samaan jg pernah tuh. suatu kali lagi jalan ke arion plaza. ini udh dulu banget. lagi masuk pelataran mall, di atas tangga ada anak cowok pakai kaos bart simpson yg sama persis (!) sama aku. kami cuma saling liat2xan aja. untung selama di dalam mall gak ketemu lg. kl ketemuan, duh … udh kenalan kali (loh ?! ๐Ÿ˜› )

    Like

  3. Arman says:

    hahaha…
    ya emang kadang liat2 juga sih. kalo topiknya aja sama mungkin wajar. tapi kalo sampe gaya nulisnya, kerangka ceritanya sama persis, ya itu kayaknya sih chance untuk ‘kebetulan sama’ nya tipis banget ya mes. ๐Ÿ™‚

    Like

    • Messa says:

      Eh iya betul koh. kAlo kerangkanya sama persis bisa jadi emang dicontek abis. Kek gini nih sering banget ditemukan dalam kasus penulisan skripsi.

      Like

    • Messa says:

      Weleehh.. Koq bisa kepikiran nyindir tho mbak?? Aku nggak nyindir siapa2 lhoo XD tapi kalo ada yang merasa tersindir, ya mohon maap aja. Daku tak bermaksud nyindir. Tadinya cuma pengen bikin penjelasan yang ‘agak ilmiah’ kenapa tulisan yg satu bisa sama dgn yg lain. XD *koq jadi serius banget gini sih penjelasannya*

      Like

  4. -n- says:

    Klo nulis topik serupa, aku sering. Dan memang seringnya krn terinspirasi dr orang lain tersebut. Klo kenal sama orangnya, ya aku sebutin namanya (sbg yg sdh menginspirasi tulisanku). Tp klo nggak kenal, ya nggak kusebutkan. Toh biasanya cm sama di TOPIK. Tapi pembahasannya udah beda krn aku melihat dr sisi yg beda juga ๐Ÿ™‚

    Like

  5. Lorraine says:

    Waktu aku bahas ini ada beberapa temen blogger yg lapor keaku bahwa mereka perhatiin kok ada satu orang yang beberapa tulisannya terbit satu dua hari setelah posku terbit dan ngebahas hal yang sama. Bahkan ada satu posnya dia yang pake kerangka posku mirip, isinya diganti dengan situasi orang itu. Kebetulan? Bisa jadi ๐Ÿ˜‰ Cuma kok sering ya Mes.

    Lagipula untuk aku pribadi terinspirasi oleh blogger lain, mention dia ya ngga apa. Kan memang mekanismenya begitu, kita saling menginspirasi, bukan begitu? Nice post!

    Like

    • Messa says:

      iya mbak, aku juga pernah ngalamin soale ๐Ÿ˜€ tapi yah mau ditegur, emangnya siapa gue gitu lho… manalah si blogger ini pun traffiknya udah tinggi banget emang XD jadinya lihat sisi bagusnya ajalah ya ๐Ÿ˜‰ thanks mbak!

      Like

  6. alrisblog says:

    Pakaian bisa sama karena pabriknya bikin massal bisa jadi. Lha, kalo tulisan sama kalo menurut saya itu mah plagiat. Orang nulis disertasi aja banyak plagiat, apalagi setingkat sarjana bejibun, haha….

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s