Orang Asing

Pertama, dia kalut di dalam bis bandara yang mengantar kami dari gate menuju pesawat terbang. Kedua, tak disangka dia duduk di sebelah saya bersama anak lelaki semata wayangnya yang tak bisa diam. Ah, buah memang jatuh tak jauh dari pohonnya. Kemudian ia bertanya ini-itu kepada saya.

Saking lelahnya tubuh habis ngebolang hampir sebulan, ingin saya diamkan saja sebetulnya pertanyaan-pertanyaannya. Saya hanya ingin masuk pesawat, duduk dan tidur dengan tenang, hingga tiba di Balikpapan. Itu saja. Lagipula saat ini kita berada dalam era ketidakpedulian dan era cepat, bukan era bertanya-tanya atau era ramah kepada orang asing. Sama keluarga saja tak peduli, boro-boro peduli sama orang asing di terminal. Tapi koq rasanya ada yang salah?

Jika saya bersikap tak ramah, saya sama saja seperti manusia-manusia yang melewati Paddington ketika pertama kalinya tiba di stasiun kereta di London. Tak ada yang memedulikannya ketika dia berusaha bertanya-tanya. Semua orang sibuk dengan urusannya masing-masing. Tak ada waktu untuk menoleh sepersekian detik. Bahkan ia dipandang negatif. London ternyata tak seramah seperti yang diceritakan bibinya. Nurani saya terusik.

 

paddington

 

Maka ketika si orang asing ini bertanya untuk kedua kalinya, kadar ketidakramahan saya berkurang. Saya menanggapinya dan merasa lega karena telah melakukan hal yang benar.

Begitu pesawat menyentuh runway bandara dengan sempurna, si orang asing dan anaknya itu bersalaman sambil tak hentinya mengucapkan syukur. Mengingatkan saya akan kebiasaan lama yang selalu bersalaman dengan teman seperjalanan, tiap kali pesawat mendarat dengan aman sentosa di tempat tujuan. Senyum tipis terukir di wajah saya. Well, being nice to stranger won’t hurt you at all I suppose. 🙂

 

 

Advertisements

16 thoughts on “Orang Asing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s