Berlayar di Chao Phraya

Hari ini saya akan membawa Anda berlayar di sungai utama di Bangkok, yaitu Chao Phraya. Are you ready?

Here we go!

  • Pertama-tama, karena Anda menginap di daerah Siam, bukan di pinggir sungai Chao Phraya, maka Anda harus naik MTR atau kereta cepat, dari stasiun yang paling dekat dengan penginapan Anda, ke stasiun MTR yang terdekat di dermaga tujuan yaitu Saphan Taksin. Saya tidak menyarankan Anda untuk jalan kaki. Selain jauh, terik matahari di luar akan mencabik-cabik kulit Anda. Naik taksi atau tuk-tuk menuju dermaga boleh-boleh saja, tapi kurang disarankan karena Anda bisa terjebak macet.
  • Setibanya di stasiun MTR terdekat, yakni National Stadium, cek papan informasi tiket untuk mengetahui besaran ongkos yang harus dibayar.

1 MTR fare information

  • Selanjutnya pilih besaran ongkos yang mau dibayar dan masukkan koin ke dalam mesin sesuai instruksi. Tunggu hingga tiket keluar.

2 mesin tiket mtr

  • Setelah tiket di tangan, pergilah menuju tempat kereta dan tunggu di sana hingga keretanya datang. Kalau mau foto narsis, inilah saatnya. 😀

 

  • Kereta sudah datang! Jangan keasyikan foto narsis sampai-sampai Anda kelewatan kereta. 😀

 

  • Tiba di stasiun Saphan Taksin, cari pintu keluar menuju dermaga. Jika info yang tertera di papan informasi kurang jelas, jangan sotoy. Tanyakan saja ke petugas yang wara-wiri di stasiun. Kalau petugas resmi biasanya bisa berbahasa Inggris. Malu bertanya, sesat di jalan, kata wisatawan bijak. 😀

7 mau ke mana?

  • Sekeluarnya dari stasiun MTR, di sisi kiri jalan menuju dermaga, ada pemain biola jalanan. Kalau Anda punya duit, baik hati, tidak pelit, tidak sombong dan senang dengan lagu yang dimainkan, silahkan beri seikhlasnya. Kalau Anda tak mau ngasih, sebaiknya jangan komentari permainan biolanya.

8 pemain biola jalanan

  • Anda sudah tiba dengan selamat di dermaga Sathorn.

10 sathorn pier

  • Selanjutnya ada dua pilihan kapal. Jika Anda memilih berlayar dengan kapal turis yang berbendera biru, maka Anda harus beli tiketnya dulu di loket. Harganya 40 Baht atau sekitar Rp 12.000, per orang sekali jalan. Sedangkan jika Anda ingin ongkos kapal lebih murah, pilihlah kapal yang berbendera kuning. Ongkosnya 10 Baht sekali jalan. Untuk yang berbendera kuning, Anda tidak perlu beli tiket di loket. Langsung saja masuk ke antrian. Bayarnya nanti di dalam kapal.

 

  • Ada biksu mau naik ke kapal. Meski mengantri di bagian kapal berbendera biru, biksu-biksu ini tidak membeli tiket di loket. Mungkin ada kebijakan pemerintah yang membebaskan ongkos kapal bagi biksu di Thailand.

11 biksu mau naik kapal nggak beli tiket

  • Kapal turis sudah datang. Silahkan masuk tak perlu buru-buru. Semua pasti dapat tanda tangan tempat duduk. Kalaupun tidak, berdiri sajalah. Jangan dicari yang tidak ada. Hidup jangan dibikin susah. 😀

13 di dalam kapal

********

Selamat menikmati pelayaran di bawah langit biru nan cerah! Jika Anda kena cipratan air sungai, nggak usah panik. Itu biasa. Lap saja pakai tisu atau saputangan. Kalau kena cipratan buaya, nah, itu baru luar biasa.

12 langit biru cerah

16 chee chin khor moral up lifting for benefiction foundation

Chee Chin Khor Moral Up-lifting for Benefiction Foundation

20 jembatan

“Memorial Bridge”, kalau tak salah namanya.

22 wat arun

Wat Arun

 

30

18 masih dari atas Wat Arun

Sungai Chaophraya dari atas Wat Arun

********

Terima kasih telah berlayar bersama Messa dari H0t Chocolate Tour dan sampai jumpa pada pelayaran-pelayaran lainnya!

Advertisements

26 thoughts on “Berlayar di Chao Phraya

  1. Clarissa Mey says:

    aku naik kapal di chao phraya cuma utk nyebrang antara wat arun dan wat po, hanya 5 THB perorang sekali jalan, bolakbalik abis 10 THB, murah banget dan seru lagii 😀
    ga ketemu bule foto2 pake tongsis yah kak? aku nemu donk ahhahaha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s