Es Teler Panaikang Makassar

Gerobak Es Teler Panaikang Makassar

Gerobak Es Teler Panaikang Makassar di Pasar Kebun Sayur Balikpapan

Beberapa waktu yang lalu, saya beserta teman-teman menemani ibu bos berbelanja batu ke Pasar Kebun Sayur. Batu mulia lho ya, bukan batu bata 😀 . Karena bukan penggemar batu-batuan, saya beserta seorang teman yang juga tidak begitu senang batu mulia, memilih tidak ikut masuk ke dalam pasar. Tapi kalau ada yang mau ngasih batu mulia ke saya, so pasti diterima dong 😀 . Masak pemberian ditolak? Hahaha 😀 .

Disanalah teman saya memperkenalkan saya kepada Es Teler Panaikang Makassar yang menurutnya enak banget. Tempatnya di pojok dekat parkiran sebelah kanan. Saya nggak tahu mengapa ada embel-embel Panaikang. Apakah Panaikang itu nama sebuah tempat di Makassar? Saya pun lupa bertanya kepada si abang penjual es teler.

Seporsi es telernya dibanderol dengan harga delapan ribu rupiah saja. Murah, kan? Murah banget, dong. Rasanya? Wuiihhh, sudah barang tentu tidak murahan. Kalau murahan nggak bakalan saya tulis disini 😀 .

Isinya macam macam. Yaitu pepaya, alpukat, mutiara (terbuat dari tepung sagu), kacang besto (kacang tanah di karamelisasi), gula merah yang dicairkan, susu kental manis, dan terakhir, es batu.

Saking penasarannya, saya perhatikan lekat-lekat si abang penjual meracik minuman tersebut. Yang pertama dimasukkan adalah es batu yang sudah dipecah-pecah, kemudian potongan pepaya dan alpukat yang sudah matang, lalu mutiara, selanjutnya susu kental manis, gula merah, dan puncaknya, kacang besto.

Seporsi Es Teler Panaikang Makassar

Seporsi Es Teler Panaikang Makassar

Melihatnya penampakannya saja sudah mengundang air liur, apalagi kalau masuk ke mulut. Hmm..

Tak menunggu lama, saya aduk es telernya dengan tujuan supaya semua rasa yang terkandung di dalamnya, tercampur rata.

Saya masukkan sesendok es teler ke dalam mulut. Rasanya… Wuiihh.. Unik dan maknyus tralala trilili… Apalagi siang itu udara cukup panas. Maka cocoklah panasnya dinetralkan dengan dinginnya es teler yang mengalir di tenggorokan.

Dan saya baru tahu kalau ternyata pepaya bisa digunakan sebagai komponen es teler 😀 . Mungkin itulah uniknya es teler ala Panaikang Makassar, ya?

Nah, kalau Anda penggemar es-es-an dan mau bikin sendiri dirumah, mudah saja koq. Saya sudah pernah nyoba bikin sendiri dirumah dan berhasil 😀 . Siapkan saja bahan-bahannya 7 macam seperti yang saya sebutkan di atas tadi. Masukkan semua bahan dengan takaran masing-masing 2 sdm (sendok makan). Kalau kurang manis, tambahkan susu kental manis atau gula merah. Atau kalau mau buahnya dibanyakin, silahkan saja 😀 . Makin banyak, makin kenyang 😀 .

Oya, kalau Anda tidak suka pepaya, menurut saya bisa diganti dengan nangka atau kelapa muda atau keduanya 😀 . Bakalan lebih maknyus lagi, deh, tuh 😀 . Dan kalau di tempat tinggal Anda tidak ada yang menjual kacang besto siap pakai, Anda bisa bikin sendiri dirumah. Caranya silahkan klik ke resepnya di sajian sedap. Saya nyontek dari situ soale 😀 . Tapi ingat, bikinnya minus bawang putih, cabe merah keriting dan cabe rawit 🙂

Okelah, selamat mencoba dan bon appetit : ). Semoga rasanya cocok di lidah Anda 🙂

Advertisements

31 thoughts on “Es Teler Panaikang Makassar

  1. Baginda Ratu says:

    Siang2 liat penampakan es begini… cleguukkkk… 🙂
    Tapi aku nggak doyan alpukat, Mes. Jadi… alpukatnya ku skip, deh.. 🙂
    Btw, aku mau dooongg batu berharganyaaaaa…. :))

    Like

  2. gusthi says:

    Klo yg di makassar pake’ kacang merah, es teler panaikang yg di makassar memang laris manis apalagi tempat’y sejuk krna di alam terbuka di bawah pohon dekat kuburan kristen panaikang…

    Like

  3. Haeriah says:

    Baru tahu es teler panaikang juga ada di balikpapan. Es teler ini sangat terkenal lho di Makassar sejak puluhan tahun. Selain rasanya yang maknyus lokasinya juga seru….di kuburan. Salam kenal

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s