Balikpapan Jazz Fiesta 2013

Rupanya kebersamaan saya dan suami telah mampu membuat saya menyukai aliran musik jazz :D. Kalau aslinya, saya ini penyuka musik beraliran rock, pop, dance, instrumental saksofon dan piano, serta dangdut tentunya (ini nggak boleh ketinggalan dong) :D.

Gara-gara suami, kuping dan jiwa saya sukses terkontaminasi oleh aliran musik klasik, jazz, blues, camry, vios, fiesta…. eh ini mah merk mobil ding hihihii :D.

Maka ketika saya mendengar kabar bahwa akan ada Balikpapan Jazz Fiesta (BJF) 31 Mei-1 Juni 2013 di Pantai Kemala, saya pun langsung berapi-api ingin melihat langsung pertunjukannya. Sudah gratis, ada Gugun Blues Shelter (GBS) pula sebagai salah satu pengisi acaranya! Gimana nggak makin heboh saja saya pengen menontonnya :D.

Oya, karena sudah saya singgung mengenai GBS, maka saya ceritakan sedikit awal perkenalan saya dengan mereka ya. Jadi gini kawans, pada suatu hari di tahun 2011, saya tak sengaja melihat 8/11 show di MetroTV. Biasanya kan 8/11 show punya band pengisi acara tuh. Nah, di hari yang berbahagia itu (halahh isitilahnya :D), GBS lah yang menjadi band pengisi acaranya. Saat itu mereka membawa lagu Set My Soul On Fire.

Gayung pun bersambut, my soul truly on fire that moment. Woohoo :D. Beat-nya yang menghentak-hentak membuat saya bersemangat :). Kemudian karena penasaran, saya pun mencari tahu tentang GBS ini. Pikir saya kala itu, “Koq bisa ya, band sebagus ini kurang diekspos, tapi band yang acakadut diekspos habis-habisan?”. Mungkin karena pasar blues di tanah air kita tercinta ini belum begitu bagus, ya?

Well, kawans, kalau Anda penasaran dengan GBS ini, beli albumnya dong :D. Kalau bukan kita yang beli, siapa lagi? Mesti ada yang beli dong supaya band mereka bisa bertahan. Ya, toh? šŸ˜‰

Kembali ke BJF…

Berikut ini catatan singkat dan beberapa foto (masih setia dengan iphone :D) dari acara BJF hari kedua kemaren. Saya nggak bisa datang di hari pertama (pembukaan) karena ada urusan. Enjoy and happy Sunday dear friends!

  • Tiba di TKP sekitar jam 5 sore, om Gugun kaptennya GBS lagi check sound. Awalnya saya nggak ngeh, ehh ternyata beneran itu om Gugun. Nggak jadi foto-foto deh sama beliau huahahha kesian deh :D.

20130602-135045.jpg

  • Sambil nunggu, baca warta jazz dulu supaya pinter šŸ˜€

20130602-135213.jpg

  • Rully and Friends: band pertama yang manggung malam itu.

20130602-135257.jpg

  • Judulnya juga di pantai, pastinya ada pasir dong :D.

20130602-135001.jpg

  • Bisa lihat kapal tanker yang lewat pula! Anda lihat, tidak? šŸ˜€

20130602-135121.jpg

  • Selain bisa melihat tanker, bisa melihat pesawat yang berseliweran juga :D. Sambil nonton jazz, saya iseng menghitung jumlah pesawat yang hilir mudik. Dari jam lima sore hingga hampir jam sebelas malam, totalnya ada 19 kali pemirsaa! Rame juga yaa hihihii :D.

20130602-135136.jpg

  • Suara ombak yang menghempas pantai ditambah lilin yang ditaruh pada meja penonton, menambah suasana malam semakin romantis.. woohoo šŸ˜€
  • Second Rise Band: penampil ke dua.
  • Biasanya, kalau menonton pertunjukan musik langsung seperti semalam, kepala dan tubuh saya pasti ikut bergoyang menikmati lagu-lagu yang dibawakan. Namun semalam, banyak juga penonton yang malah sibuk melototin hape atau diam saja mematung melotot ke panggung tanpa badannya bergoyang sedikit pun :D. Ah, mungkin beda orang beda pula cara menikmati musik ya hihihi :D. Atau mungkin penontonnya pada jaim atau malu-malu :D. Kalau bahasa orang Medan: Nggak sor kali pun. Hahahahaaaaa…
  • WPP Band dari Samarinda: penampil ketiga. Menurut saya, semalam band lokal kami ini keren banget permainannya. Bass-nya mantap pisan mengelus kuping dan jiwa saya :D. Sayang, band ini belum menelurkan album rekaman. Padahal saya penasaran abis pengen dengar permainan musik mereka :D. Kalau mau dengar contoh lagunya silahkan klik disini.

20130602-135859.jpg

  • RSKD Band: para dokter Rumah Sakit dr Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) ber-jazz ria :D.

20130602-135621.jpg

  • YK Band dari Samarinda. Momen paling keren dari band ini adalah ketika mereka membawakan lagu “Leleng” yang ada sentuhan khas Kalimantan-nya :). Bahkan sang gitaris khusus memakai hiasan di kepala khas Kalimantan (dari burung enggang) ketika membawakan lagu ini :D. Kelihatan, kan? šŸ™‚

20130602-135512.jpg

  • Di tengah pertunjukan, seorang pria dan seorang temannya menyamperin meja saya. Mereka minta izin untuk duduk semeja dengan saya (tempat saya lumayan strategis soale hihihi :D). Ya monggo wae. Dan setelah bertanya-tanya, dua pria ini rupanya berasal dari Medan! Salah satunya orang Batak macam saya. Alamaak! Begitu luasnya dan banyaknya manusia Balikpapan ini, koq bisa pula kami anak Medan berkumpul di satu meja! Hahaha :D.
  • Sekitar jam sembilan malam, mata saya sudah mulai berat alias ngantuk. Tapi GBS belum muncul-muncul. Biasalah, bintang utamanya disimpan untuk tampil paling terakhir :D. Donny Suhendra Project pun muncul di panggung. Kemudian mereka berkolaboasi dengan Benny Likumahuwa dan Rio Sidik.

20130602-135701.jpg

  • Saya belum pernah dengar dan tahu yang namanya Rio Sidik hingga semalam. Semalam beliau masuk bersama alunan terompetnya dari tengah-tengah penonton. Uhuuuy, keren banget nggak tuh? Dan ternyata selain megang terompet, beliau bisa nyanyi juga sodara-sodaraa! Suaranya keren banget makjang! Beliau membawakan lagu Georgia on My Mind semalam. Penasaran kan sama om Rio Sidik? Cari aja di youtube.com ya :).
  • Malam cerah bertabur bintang sambil mendengar om Donny dan kawan-kawan saling sahut menyahut masing-masing dengan instrumennya di panggung, membuat saya bertanya, “Sebenarnya mereka ini ada latihannya nggak, sih? Atau cuma asal main saja? Koq bisa keren banget gitu ya?” :D. Lalu saya jawab sendiri, “Ya pasti latihanlah. Justru karena banyak latihan makanya mereka bisa jadi maestro.” šŸ™‚
  • Sekitar setengah sebelas malam, barulah trio GBS muncul di panggung.

20130602-135722.jpg

  • Setelah mendengar tiga lagu dari GBS, saya pun pamit pulang kepada dua teman baru saya. Mata dan tubuh saya udah nggak bisa diajak kompromi lagi. Udah pengen tepar. Lagipula saya tidak mau pulang berdesak-desakan nantinya. Maka akhirnya saya putuskan untuk pulang. Pokoke saya udah berhasil nonton jazz pantai yang keren dan melihat GBS manggung langsung :). Mereka memang keren pemirsaa :D. Dan semua band pengisi lainnya keren-keren! Salut kepada tim panitia yang sudah berhasil mengadakan BJF ini. Serta salut juga kepada para penonton yang beradab dan tertib :). Mudah-mudahan tahun depan diadakan lagi. Salam dan sukses terus jazz Indonesia!

 

Kawans, suka musik jenis apa? Siapa musisi favorit Anda?

Advertisements

30 thoughts on “Balikpapan Jazz Fiesta 2013

  1. anastasiadisini says:

    sama kayak mbak nonie, Michael Bubble juga suka
    kalo musisi jazz paling suka ama Norah Jones, John Mayer,Earth Wind and Fire, David Benoit tapi tetep suka banget ama Adam Levine – Maroon 5 hahahaha.
    Dari dulu pengen banget nonton konser Jazz tapi ndak tau kesampaian :[

    Like

  2. pursuingmydreams says:

    Keren juga ya ada Balikpapan Jazz Fiesta. Saya udah dengar lagunya, oke banget nih ;). Saya masih tetap sama penyanyi sekuler sukadengan Celine Dion, kalau rohani suka Hillsong ;).

    Like

    • h0tchocolate says:

      iya mas,di zoom sampe maksimal haha.. lha namanya pake kamera iphone trus gak pake flash di malam hari pulak, ya banyak noise doong šŸ˜€ tapi gak dosa koq kalau ada noise šŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s