Kemana Saja? Nginap Di mana? Makan Apa?

Halo man-teman. Selamat Nyepi dulu nih untuk yang merayakan. Dan terima kasih untuk Anda semua yang masih setia nongkrong di blog saya ini 😀 .

Mohon maaf ya temans, dikarenakan kesibukan saya (sok sibuk sebenarnya 😀 ), bagian kedua dari serial liburan akhir tahun kemarin agak lama saya tuliskan disini. Tapi apa yang sudah dimulai harus dituntaskan, kalau kata orang bijak 😉 . Maka, karena saya pengen jadi orang bijak 😀 , inilah dia bagian kedua serial ini. Kalau mau baca bagian pertamanya, langsung aja ke sini.

***

Jadi selama di sana, kami kemana saja? Setelah cari informasi dari sana sini, kami pun membuat daftar tujuan tempat-tempat untuk dikunjungi. Tapi karena faktor waktu, cuaca, dll, pada akhirnya tidak semua tempat-tempat itu berhasil kami kunjungi. Berikut ini daftar tempat yang kami kunjungi serta beberapa tempat menarik lainnya yang layak dikunjungi menurut kami:

  1. Hongkong: Symphony of Lights dari Avenue of Stars (pertunjukan laser selama 15 menit tiap malam mulai pukul 8, kecuali ada peringatan topan), Temple Street Night Market (pusat makanan dan oleh-oleh, buka dari jam 6 sore-malam), Avenue of Stars, Clock Tower, Causeway Bay (tempat belanja, sebenarnya HKG adalah surga belanja katanya), Sheung Wan District (Old HKG), The Peak, Madame Tussauds Wax Museum (kecuali Anda suka melihat patung lilin, ini silahkan dicoret, tidak begitu bermakna menurut saya), Aberdeen Harbour & Floating Jumbo Kingdom Restaurant (belum sah ke HKG kalau belum singgah ke Jumbo Resto ini katanya), 10000 Buddhas Monastery di Sha Tin (10000 patung Buddha yang unik & artistik, sayang kami tak sempat ke sana), Ngong Ping 360/Giant Buddha di Lantau Island (kecuali Anda suka melihat patung Buddha yang gede banget, ini juga boleh dicoret), Disneyland (kecuali Anda punya anak kecil atau penggemar berat kartun Disney, ini boleh dicoret), Man Mo Temple, last but not least jangan lupa mencoba naik Star Ferry (alat transportasi tertua di HKG, buka jam 7 pagi-11 malam, ongkos 2,5 HKD/orang).
  2. Macau: Ruins of St.Paul Church, Senado Square, St. Domingo, Monte Fort, Na Tcha Temple, St. Augustine Square, Dom Pedro Theatre (semua lokasinya dekat dengan Ruins of St. Paul); Venetian Resort (ada gondola dan langit buatan ala Venezia); City of Dreams (disini Anda bisa menonton pertunjukan House of Dancing Water yang terkenal spektakuler itu); Macau Tower; A Ma Temple; Moorish Barracks; Lilau Square; Mandarin House; St. Lawrence Church; Macau Museum; Camoes Garden; Guia Fortress; Fisherman’s Wharf; Wine Museum; Grand Prix Museum; Kun Iam Statue.
  3. Kuala Lumpur: Bukit Bintang, Menara Petronas, Suria KLCC, Petrosains, Dataran Merdeka, Mesjid Jamek, Istana Negara, Central Market (Pasar Seni) & Kasturi Walk (pusat makanan dan suvenir), Petaling Street (pusat makanan dan belanja).

central market

macau tower

man mo temple

***

Untuk urusan penginapan, kami mencari tempat yang sesuai budget, bersih, nyaman untuk anggota keluarga yang sudah berumur, dekat dengan sarana transportasi umum plus tempat makan. Intinya musti dekat dengan pusat keramaian, seperti yang pernah saya tuliskan di bagian pertama dulu.

Hongkong adalah kota yang paling mahal menurut saya untuk urusan tidur ini. Katanya karena tanah semakin sedikit disana, otomatis harga tanah pun meroket, imbasnya ya biaya tidur pun jadi selangit.

Di Kuala Lumpur kami menginap di Capitol Hotel, di Hongkong kami memilih YMCA Salisbury, dan di Macau kami percayakan kepada Lisboa Hotel. Secara keseluruhan, pelayanan pada ketiga tempat tersebut tidak mengecewakan. Kecuali, ada ‘insiden’ sedikit di Lisboa Hotel. (Mungkin) karena dindingnya tipis, atau (mungkin) telinga saya yang sensitif, atau (mungkin) tetangga sebelah yang suaranya ‘riuh’ banget, sehingga ‘aktivitas intim’ mereka pun terdengar hingga ke kamar kami… Diluar itu, semuanya bagus.

ymca

ymca salisbury front desk

Mengenai makanan, Hongkong menurut saya adalah ‘surganya’ makanan enak. Tapi mungkin untuk yang tidak bisa makan makanan yang mengandung babi, agak ‘tersiksa’ jadinya, seperti ayah saya 😀 . Karena faktor kesehatan, beliau sudah tidak bisa lagi makan makanan yang mengandung babi. Tapi kalau terpaksa, tidak ada pilihan lain, apa boleh buat, daripada tidak makan, ya toh? Pokoke berdoa dulu pastinya sebelum makan, supaya makanan yang Anda makan tidak sia-sia, tapi jadi berkat 😉 .

Mumpung sedang berada disana dan Anda punya waktu serta senang berwisata kuliner, mengapa tidak mencoba makanan di tempat-tempat berikut ini (sori ya nggak ada linknya 😀 , cari sendiri aja, masak saya suapin terus 😀 hihihii) :

  1. Hongkong: Lin Heung Tea House (dimsum nya wajib dicoba), Mak’s Noodle (wajib dicoba: shrimp wanton noodle, beef brisket wanton noodle, shrimp wanton), Yungkee Restaurant (angsa panggang).
  2. Macau: Fat Siu Lau (wajib dicoba: ayam Afrika & Portuguese vegetable soup), Chan Kong Kei (wajib dicoba: bebek panggang lada hitam), Clube De Militar.
  3. Kuala Lumpur: Sepanjang Jalan Alor (berbagai makanan ada disini, buka mulai sore), Nasi Kandar Pelita (wajib dicoba: nasi campur), Han Kee Bak Kut Teh, Waw Resto (wajib dicoba: ikan bakar, sayap ayam krispi), Precious Resto (Central Market).

Kalau mau mencari makanan halal di Hongkong & Macau, coba saja ke Mc Donalds atau 7 Eleven.

***

Oke temans, sekian dulu postingan bagian kedua ini, kelanjutannya ditunggu ya 🙂

Ada yang mau menambahkan?

Advertisements

16 thoughts on “Kemana Saja? Nginap Di mana? Makan Apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s