Balikpapan Sekilas Pandang

Terletak di Borneo atau Kalimantan. Tepatnya di Kalimantan Timur (Kaltim). Dulu (sebelum tinggal disini), gara-gara saking seringnya saya mendengar nama Balikpapan, saya pikir ia adalah ibukotanya Kaltim. Ternyata bukan. Samarinda-lah ibukota Kaltim. Sering pula Balikpapan dijuluki sebagai ‘Kota Minyak’.

Sudah hampir tiga tahun saya tinggal di kota ini, tapi belum pernah sekalipun saya tuliskan disini mengenai Balikpapan. Maka saya putuskan sekarang adalah waktu yang tepat untuk menceritakan sedikit mengenai Balikpapan.

Masih banyak teman-teman saya yang berpikir kalau Balikpapan itu masih hutan belantara dan kami hidup terpencil. Mungkin itu keadaan Balikpapan puluhan tahun silam. Kalau sekarang hutannya sudah habis, diganti dengan Hotel, Ruko, Mall dan Plaza yang terang benderang :).

Bahkan Balikpapan sekarang sudah mulai ‘diserang’ macet. Soale penduduknya makin banyak tapi jalannya itu-itu saja, ya jelas jadi macet! (PR nih buat pemerintah kota Balikpapan, mulai dipikirkan dong Pak untuk menambah jalan. Rakyat udah pada ngeluh soale mengenai masalah jalan ini).

Kalau saya tak salah, nama asli Balikpapan ini dulunya adalah Balikkapang. Mungkin seiring waktu berlalu, orang-orang jadi lebih mudah mungkin menyebutkan Balikpapan daripada Balikkapang. Untuk lebih jelasnya mengenai nama ini (jika anda tertarik), silahkan intip aja ke gugel dot com ya.

Di Balikpapan ini pula terdapat bandar udara (bandara) domestik dan internasional Sepinggan untuk wilayah Kalimantan Timur. Jadi yang selama ini saya ketahui, mereka yang tinggal di Samarinda, biasanya mesti menempuh perjalanan darat sekitar dua jam untuk mencapai bandara Sepinggan.

Bandara Sepinggan sendiri saat ini sedang diperluas. Karena dirasa sudah tak layak lagi untuk bandara sebesar itu melayani/menampung calon penumpang se-Kalimantan Timur.

Kalau mengenai pariwisata Balikpapan, saya akan menyarankan anda untuk berwisata kuliner saja daripada wisata alam. Mengapa? Jadi begini, pernah kami mengundang orangtua kami datang ke kota ini untuk jalan-jalan. Maka kami pun mencari informasi tempat-tempat wisata dari situs pariwisata Balikpapan. Maksud hati hendak ‘memamerkan’ alamnya, tahu-tahu setelah kami datangi ke tempat-tempat yang ada dalam daftar ‘tempat wisata’, keadaannya menyedihkan. Jauh dari bagus. Sedih saya melihatnya. Yang jalannya nggak becuslah, yang terendam airlah, yang tidak terawatlah, dlsb. (Jadi bertanya-tanya, sebenarnya pajak yang kami bayarkan tiap tahun itu dipakai untuk apa, ya?) Eniwei, yang jelas, saya kurang merekomendasikan wisata alam.

Tapi kalaupun anda ngotot ingin berwisata alam, maka yang ‘paling bagus’ disini menurut saya adalah, Pantai Melawai dengan pemandangan matahari tenggelam dan kuliner sorenya, serta Pantai Manggar yang lokasinya agak jauh dari Balikpapan.

Ada juga wisata budaya seperti Festival Erau (pesta rakyat/festival Adat Kalimantan Timur) yang pada tahun ini diadakan pada bulan Juli lalu. Saya sendiri belum pernah berkesempatan melihat festival Erau ini. Namun menurut informasi yang saya dapat beberapa waktu lalu, acaranya menarik.

Bicara mengenai makanan, menurut saya makanan khas Balikpapan itu adalah Bingka atau Kue Lumpur yang rasanya hampir mirip seperti Bika Ambon (makanan khas Medan). Bingka ini sendiri, kalau saya tak salah, juga merupakan makanan khas di beberapa daerah lain di Kalimantan. Namun teman-teman disini sering mengatakan kalau makanan khas Balikpapan adalah Nasi Kuning. Setahu saya, Nasi Kuning berasal dari Jawa.

Mungkin karena sebagian besar penduduk Balikpapan adalah warga pendatang (bukan warga asli Kalimantan), dan sudah berpuluh tahun berada disini serta sudah bercampur baur dengan penduduk lokal, maka bisa jadi Nasi Kuning yang mereka bawa dari tempat asalnya itu ‘ternaturalisasi’ menjadi makanan khas Balikpapan :). Kemungkinan seperti itu. Untuk lebih jelasnya, kapan-kapan kita tanyakan kepada ahli kuliner Indonesia :).

Selain Nasi Kuning dan Bingka, makanan laut juga terkenal enak disini. Berikut ini beberapa tempat makan versi saya yang wajib didatangi kalau anda sedang berkunjung ke Balikpapan: 1. Ocean Fish Connection (di Jalan Sudirman Ruko Bandar Klandasan. Wajib dipesan: Kepiting Soka Telur Asin dan semua makanan lautnya), 2. Teluk Bayur (di Jalan Ahmad Yani. Wajib dipesan: Ikan masak Woku dan semua makanan lautnya), 3. Kepiting Kenari (di jalan raya menuju bandara Sepinggan. Wajib dipesan: ya kepiting dong. Kalau mau beli untuk oleh-oleh, sebaiknya dipesan dua hari sebelumnya. Banyak yang pesen soale), 4. Depot Miki (di jalan Sudirman seberang Plaza Balikpapan. Wajib dipesan: nasi kuning plus dagingnya maknyus, makanan yang lainnya juga enak-enak), 5. Coto Makassar di sepanjang pantai Klandasan.

Meski dijuluki sebagai ‘Kota Minyak’ (karena memang daerah penghasil minyak), namun yang namanya mengantri lama di SPBU juga tak jarang terjadi. Makanya teman-teman saya (termasuk saya juga kadang-kadang), sering meledek kalau kesal gara-gara sering mengantri di SPBU, “Ya beginilah kota minyak. Tapi minyak si nyongnyong, minyak jelantah, minyak rambut, minyak wangi, minyak goreng dan minyak-minyak lainnya kecuali bahan bakar minyak….”

Saya kurang tahu entah dimana letak salahnya itu. Mungkin ada pembaca yang berkecimpung di bagian perminyakan yang bisa menjelaskan mengapa Balikpapan tidak bebas-ngantri di SPBU? 🙂

Oya, jangan lupa mampir ke Pasar Kebun Sayur untuk mencari oleh-oleh khas Balikpapan dengan harga yang terjangkau. Menurut saya, oleh-oleh yang khas dari Balikpapan itu adalah tenunan dari akar pohon yang biasanya berwarna coklat, hijau dan merah. Tapi berhubung pohonnya pun sudah semakin sedikit, maka ‘akar-akaran’ lah yang digunakan :). Meski memang masih ada juga beberapa yang terbuat dari akar asli :).

Sekian Balikpapan sekilas pandang. Singgah-singgah ke Balikpapan yaaa 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Balikpapan Sekilas Pandang

    1. kalau jalan kaki jauh kak 😀 tapi kalau naik bus malam, sampainya pagi keknya.. coba ada kereta api cepat yg bisa menghubungkan antar propinsi ya kak? mudah-mudahan segera dibangun..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s