Bukan Resensi: Battle Hymn of The Tiger Mother

Ketika membaca ulasan tentang buku ini di harian Kompas sekitar tahun 2010, saya langsung tertarik untuk membacanya. Dan akhirnya buku ini muncul di toko buku impor di kota kami. Namun harganya (masih) mahal :D, sehingga saya urungkanlah niat untuk memiliki buku ini. Masih ada keperluan lain yang lebih penting daripada buku ini, pikir saya kala itu. (Dasar emak-emak banget ya, maunya yang diskonan atau gratisan melulu hihihihi :D)

Tiap kali kami melewati toko buku itu, tiap kali itu pula saya mengecek buku ini di raknya. Apakah masih ada disitu? Apakah sudah diskon harganya? :D. Ternyata belum :D. Sampai akhirnya saya bosan mengeceknya, dan saya pun lupa dengan keberadaan buku ini (baca: tidak berminat lagi untuk memilikinya, karena kelamaan diskon hahahaa :D).

Hingga sebulan lalu, ketika saya sedang berada di toko buku yang berada di lobi sebuah rumah sakit di kota kami, saya melihat buku ini dipajang di salah satu raknya. Saya pun langsung menyambarnya dan ketika melihat harganya, saya tak mikir dua kali lagi, langsung saya bayar di kasir! Harganya sudah sangat diskon saudara-saudara :D.

Amy Chua, sang penulis, menekankan kalau buku yang ia tulis ini bukan “parenting book”, melainkan memoir dia dalam membesarkan kedua putrinya didalam keluarga campuran Cina-Yahudi.

Satu hal yang paling berkesan bagi saya, yang ia ajarkan kepada anak-anaknya adalah: Jangan menyerah sebelum engkau mengerahkan segenap potensi dirimu dalam hal apa pun yang kau kerjakan.

Namun ada juga hal yang tidak saya sukai dari gayanya membesarkan anak-anaknya, yaitu “berteriak”. Berteriak bagaimana maksudnya? Kalau anda penasaran, silahkan baca sendiri bukunya :). Nggak seru dong kalau saya bocorin semua disini :D.

Jika anda pemerhati anak/keluarga/orangtua/musik, maka saya sarankan agar anda membaca buku ini :). Selain sebagai “Ibu Harimau”, menurut saya sang penulis juga punya selera humor yang sangat baik :D. Saya serius lho! 😀 Mungkin anda akan menyukai buku ini juga, seperti saya :).

Selamat membaca!

-ditulis ditengah-tengah kesibukan saya. takut idenya kelamaan mendem di kepala saya, akhirnya hilang dan tak pernah dibagikan disini-

Advertisements

2 thoughts on “Bukan Resensi: Battle Hymn of The Tiger Mother

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s