Bersih-bersih

Anda mungkin pernah melihat acara “Clean House” di tv kabel. Biasanya, “pasien” mereka adalah orang-orang yang rumahnya sangat berantakan, hingga mereka butuh “bantuan” untuk membereskan rumahnya.

Setelah melihat acara itu beberapa kali, kasusnya sering: “pasien” memiliki banyak barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan lagi, namun sulit atau tidak mau “berpisah” dengan barang-barang tersebut. Hingga akhirnya mereka menumpuk “sampah” dirumahnya.

Mungkin sebagian dari anda juga seperti itu. Anda “segan” berpisah dengan barang tersebut karena itu oleh-oleh dari si anu, hadiah dari si ani, kenang-kenangan dari si ane. Namun, jika pada akhirnya rumah anda sesak dan berantakan gara-gara “sampah” itu, masak iya, anda lebih memilih menyimpannya daripada membuangnya atau memberikannya kepada orang lain?

Kalau anda tak mau ekstrim yakni dengan membuangnya, ya jual saja. Tapi dengan syarat, barang-barang itu masih layak pakai. Bikin “garage sale” atau “yard sale” di halaman rumah. Kalau tak ada halaman, jual didalam dirumah. Anda pasti tau caranya. Sortir barang. Pilihlah barang yang benar-benar sudah tidak dibutuhkan lagi. Lalu labeli dengan harga. Harganya yang masuk akal dong ya. Tujuan anda kan mau bersih-bersih rumah, bukan mencari laba.

Tapi kalau anda ingin memberikannya/menghibahkannya kepada orang yang membutuhkan, lebih bagus lagi. Syaratnya sama, barang yang masih layak pakai. Jangan yang butut. Kalau sudah butut dibuang sajalah!

Semoga tulisan ini bisa membantu. Selamat bersih-bersih!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s