Jeruk Lemon dan Reflektor

Beberapa minggu lalu saya ‘bermain-main’ dengan jeruk dan reflektor ‘apa adanya’. Saya pengen tahu efeknya ke foto bagaimana. Selama ini saya jarang menggunakan reflektor. Biasanya reflektor digunakan untuk memotret objek tidak bergerak. Langsung saja ya..

*Pertama saya ambil jeruk lemon dan belah menjadi dua. Lalu saya letakkan menghadap ke atas seperti foto diatas. Saya suka warna kuningnya supaya jelas perbedaannya dengan kertas putih sebagai latar belakang.

*Cahaya matahari dari kiri objek. Reflektor saya letakkan di sebelah kanan objek. Reflektor yang saya gunakan disini adalah karton bekas proposal warna peach terang. Namanya juga reflektor ‘apa adanya’ :D. Apa yang ada di depan mata, itu saja yang diembat :D. Kalau mau coba dengan kertas warna lain juga boleh 🙂

*Kamera saya set manual, speed 1/125; aperture 3,2; iso 200. Tidak pakai flash, karena kalau motret makanan saya pikir lebih cantik hasilnya dengan cahaya natural. Saya motretnya waktu itu sore hari, jadi matahari tidak terlalu terik.

*Lalu saya jepret objek tanpa reflektor. Hasilnya seperti ini:

*Terakhir saya jepret objek dengan reflektor. Hasilnya seperti ini:

*Perbedaannya cukup jelas, ya? Kalau tanpa reflektor, bagian objek yang tidak kena cahaya matahari menjadi agak gelap. Cahaya pada objek kurang merata. Dan, bayangan yang jatuh cukup keras. Pada foto dengan reflektor, cahaya pada objek menjadi cukup merata, bayangan yang jatuh pun tidak terlampau keras. Maka dapat disimpulkan gunanya reflektor dari acara ‘bermain-main’ ini adalah untuk membantu memantulkan cahaya yang masuk dari matahari kepada objek foto, sehingga cahaya pada objek menjadi merata.

Kira-kira begitulah 😀

Selamat mencoba bagi yang mau mencoba ya! 😀

Have fun!

Advertisements

2 thoughts on “Jeruk Lemon dan Reflektor

  1. reflektor itu biasanya terpisah dengan kamera kak. Biasanya reflektor itu bisa kain atau kertas warna putih/hitam/perak/emas/warna lain sesuai dgn kebutuhan & keinginan si pemotret 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s